Robotika


Sebelum aku tutup tulisan kisah di hari ini, aku ingin menulis sesuatu. Sesungguhnya aku bingung ingin menulis apa. Hari ini tak ada yang istimewa. Semua berjalan wajar. Mmm, sekarang sudah waktunya untukku belajar. Besok aku ujian. Robotika.

Oia, bagaimana jika aku sedikit menulis tentang fenomena “robot” di sekitar kita. Yang aku maksudkan tidak ada kaitan dengan pembuatan robot, melainkan tentang sikap manusia dewasa ini.

Sadarkah…

Atau mungkin kita pun,

telah menjadi robot?

Yup, banyak orang tidak sadar kalau dia sudah berubah menjadi robot. Robot dunia. Dunia telah menyulap banyak manusia menjadi robot. Bisa dikarenakan oleh harta, tahta maupun wanita. Tren yang tebaru adalah menjadi robot sistem. Akan sangat parah jika sistem itu sudah bobrok tapi tetap saja diikuti. Namun, ada juga yang karena pengabdian berlebihan terhadap suatu sistem telah membuat seseorang menjadi robot sistem.

Robot itu apa sih? Robot itu sebenernya diciptakan oleh manusia untuk membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Akan tetapi terkadang manusia itu sendiri telah menjadi robot, yaitu ketika ia tak lagi memanfaatkan anugrah akal dan hatinya. Dalam perkembangan dunia robot justru mengarah pada artificial intelegent atau neuro fuzzy dalam rangka menciptakan robot yang mendekati manusia. Robot masa depan yang terus diusahakan adalah robot yang memiliki perasaan juga robot yang cerdas.

Nah, kalo para pencipta robot aja berpikir seperti itu, apakah kita harus tunduk menjadi robot dunia? Ingatlah bahwa tunduknya manusia yang hakiki hanyalah kepada Sang Pencipta, itupun Alloh memberikan kebebasan memilih pada hambaNYa (“…fa al hamaha fujuroha wataqwaha…”). Untuk dapat memilih yang baik, Alloh pun menganugrahkan akal dan hati pada manusia^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s