AKu maSih teRus MencaRi (KEBENARAN)


Sebuah kata bernama kebenaran yang kerap kali kita mendengar. Sebuah kata bernama kebenaran yang setiap orang atau kelompok seringkali mengaku kebenaran itu miliknya. Mutlak miliknya. Sedangkan yang lain hanya memiliki salah.

Apakah sebenarnya kebenaran itu? Bagaimana wujudnya? Di manakah letak keberadaan kebenaran itu? Akankah aku menemukannya dalam kehidupan ini? Dapatkah aku memilikinya?

Perjalanan hidup manusia, termasuk perjalananku, perjalananmu, perjalanan kita semua. Aku pernah mendengar dari seorang teman bahwa hidup itu salah satu tujuannya adalah untuk mencari kebenaran. Kehidupan yang ideal adalah serupa kurva yang bersifat konvergen. Kian menuju satu titik. Dapat pula diartikan, hidup di atas jalan kebenaran. Memiliki kebenaran.

Dua puluh satu tahun hampir aku lalui untuk menjalani kehidupan yang fana ini. Hidup yang tak abadi. Bagai mimpi saja. Hampir dua puluh satu tahun aku berkelana ke sana kemari. Aku bertemu banyak orang yang juga ramai membicarakan kebenaran. Aku mengenal beberapa kelompok yang masing-masing mengaku paling mengenal kebenaran. Dua puluh satu tahun genap dua bulan mendatang, entah kebenaran itu sudah kutemukan atau belum.

Kebenaran adalah jalan menuju surga. Kebenaran yang akan abadi. Karena itulah semua ingin memiliki. Semua merasa pada kebenaran. Kebenaran adalah washilah surga yang mahal. Karenanya tak akan diperoleh dengan berleha-leha, melainkan harus dengan bersungguh-sungguh.

Aku masih akan terus mencari. Kebenaran. Semoga, hidupku berakhir di atas jalan kebenaran. Semoga rinduku berujung pada kebenaran hakiki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s