Inspirasi kita hari ini : We are not alone


By Doyoyekti

Allohu waliyyulladziina aamanu yukhrijuhum minadhdhulumaati ilannuur…( Al-Baqoroh: 257)
Artinya:
“Allah pelindung (wali) orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (dhulumat) kepada cahaya (nur)…”

Setelah membaca ayat diatas, kita teringat dengan salah satu sunatullah yang terjabarkan pada sebuah rumus fisika tentang tekanan.

T = F / A

T : Tekanan (pressure)…….. N/m2; atm; bar
F : Gaya (Force)……….. ……. N; kg/m.s2
A : Luas Permukaan… …….. m2

Misalkan kita taruh kapal induk di kolam renang ikip fpok, pasti akan lebih besar kemungkinan utk tenggelam, daripada jikalau kita larung kapal tsb di lautan luas. Itu karena luas permukaan laut lebih besar daripada kolam renang, sehingga gaya yang diterima laut terdistribusi merata pada permukaan air laut.Gaya reaktif dari lautan yg luas akan mendorong kapal itu menjauhi pusat gravitasi.Kapal pun terangkat.

Ikhwah

Pada hakikatnya, sebuah tekanan sebesar apapun akan menjadi terasa ringan apabila kita bekerjasama dalam mengatasi masalah. Masalah seberat apapun akan terasa ringan apabila kita sharingkan dengan shahabat, orang tua, ulama, orang terpercaya, atau tenaga profesional. Kata pepatah, Ringan karena sama-sama dijinjing.

Apakah cukup itu saja?

Kadangkala, kita lupakan sesuatu yg penting. Kalo saja kita ingin tekanan tersebut tereduksi, tentu saja kita gunakan aksioma tersebut. Pertanyaan berikutnya apakah bisa kita mengeliminasi masalah tersebut?

Tentu kita sepakat untuk mengatakan may be

Marilah kita simak kembali hukum ttg tekanan. Seandainya saja kita tambahkan A (luas permukaan) dengan sebuah A1 (luas permukaan1) yang maha luas, sehingga tidak ada sesuatu alat pun yg mampu menakar kelapanganNya.

T=F/(A+~) à T =F/(~)=Nan

Jikalau kita menambahkan satu faktor) dalam penyelesaian masalah kita, yakni Tawakallah (berpasrah setelah berusaha). Maka, InsyaAllah tekanan seberat apapun yang kita alami akan musnah, hilang, dissappear. Itulah barakahnya seorang muslimin/at, dihilangkan semua beban pikirannya, ditajamkan pikirannya, dan dimantapkan hatinya oleh Alloh. Bukankah setiap masalah adalah cobaan dari Allah swt? Dan siapakah sebenarnya wali kita?

yogyakarta,05 jan 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s