Line Follower (1)


Perkenalan Mula

Dalam bagian pertama ini saya hanya ingin memperkenalkan sekilas tentang robot pengikut garis atau kerennya dinamakan line follower robot (bagi yang belum tahu dan ingin tahu saja). Robot pengikut garis merupakan aplikasi mendasar robot yang paling sederhana. Meskipun sederhana, robot jenis ini dapat dikreasikan dengan kontrol PID (proporsional Integral Diferessial) dan sejenisnya. Dengan kata lain, meskipun disebut sederhana mempelajari robot pengikut garis akan mendatangkan banyak manfaat (sebagai dasar pengetahuan aplikasi robotika).

Seperti namanya, robot pengikut garis adalah sebuah robot yang dibuat untuk mengikuti suatu lintasan tertentu. Dalam perlombaan biasanya lintasan itu berupa garis hitam di atas area lapangan lantai putih, atau sebaliknya, garis putih di atas area lapangan lantai hitam. Adapun dalam dunia industri, prinsip kerja robot pengikut garis digunakan oleh robot pengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain yang melalui suatu lintasan yang tetap.

Prinsip kerja sebuah robot pengikut garis pada dasarnya adalah pembacaan sensor terhadap lintasan yang akan diolah untuk menggerakkan motor. Sensor yang banyak digunakan berupa sensor cahaya. Perbedaan warna lintasan dengan area lapangan akan menyebabkan perbedaan pantulan cahaya yang akan dibaca oleh sensor. Sensor kemudian mengirimkan hasil pembacaan untuk diolah sehingga menghasilkan keluaran yang akan mengatur gerak efektornya. Misalnya sebuah pengikut garis yang berupa kendaraan beroda, maka pembacaan sensor selanjutnya akan memengaruhi putaran motor. Motor tersebut nanti akan memutar roda. Dengan kata lain, pembacaan sensor akan mengatur putaran roda.

Robot pengikut garis menurut jenis rangkaiannya, secara umum dapat terbagi menjadi dua: analog dan digital. Jenis digital disini jika pengolahan sinyalnya sudah menggunakan mikrokontroler/ mikrokomputer. Sedangkan robot jenis analog biasanya hanya menggunakan transistor dan atau OP amp dan atau L293D sejenisnya sebagai driver motornya.

Pada bagian selanjutnya insya Alloh saya akan menguraikan per bagian robot pengikut garis sesuai dengan robot yang sedang dalam pengerjaan.

One response to “Line Follower (1)

  1. ahahaha…ayo noor tetap semangat yah! ayo segera selesekan robotmu^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s