Senandung Rindu


Alloh, semakin ingin dewasa, aku semakin tak mengerti akan kehidupan ini, akan diriku ini. Aku merasa bingung, aku bingung terhadap diriku sendiri. Seringkali aku merasa terasing, sendiri dalam keramaian, di manapun aku berada. Berada di tengah hiruk pikuk dunia, aku merasa terasing. Hatiku sepi tatkala tak ada peneguh atas prinsip. Begitupun ketika aku berada dalam keramaian ukhrowi, pikirku terasing sendiri. Mungkin memang pikir ini belum lurus di atas syariat-Mu. Aku merasa serba salah menilai sikapku sendiri.

Ya Rabb, hamba-Mu ini memanglah belum dapat memahami syariat-Mu. Aku belumlah berserah diri secara penuh kepada-Mu. Begitulah jika aku membandingkan dengan parameter yang digunakan teman-temanku. Ya Alloh, aku muslim yang belum berIslam secara penuh, jika yang dimaksud berserah diri adalah berserah secara mutlaq, bukan secara hakiki.

Seringkali di tengah kesedihanku aku berangan ingin menemui Rasulullah sallallahu ‘alaihi wassalam. AKu ingin menanyakan berjuta-juta pertanyaan yang menimbulkan gelisah dahsyat dalam hatiku ini. Namun, aku sadar, aku hidup jauh setelah beliau rasul saw tiada. Di mana beliau saw hanya meninggalkan untukku Qur’an dan Hadist yang aku sendiri tak dapat memaknainya secara benar.

Benar ya Alloh, masih banyak para ulama di jaman ini. Benar, aku bisa meminta penjelasan dari mereka. Tetapi mungkin(kah) karena aku begitu besar diri sehingga aku masih sering berbentur dengan pendapat mereka. Maka aku lebih ingin menanyakannya pada Rasul-Mu saw. Ampuni aku ya Alloh, ampuni jika akal pikirku tak berjalan di atas kepasrahan pada Mu. Aku masih ingin terus mencarinya, masih terus mempertanyakannya, kebenaran akan penjelasan ayat-ayat Mu.
Alloh, memang tak kan mungkin bagiku pertemuan dengan RasulMu di dunia ini. Oleh karena itu, berilah ketenangan padaku di atas jalan kebenaran-Mu. Berilah kedamaian dalam hatiku di atas pemahaman yg benar atas ayat-ayat Mu. Janganlah sebaliknya yang dapat mengantarku pada neraka dan adzab-Mu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s