Mengapa Berat Ya? Hiks..


Satu bulan sudah tertunda. Kujadwalkan awal Februari setidaknya aku sudah melakukan sesuatu untuk merealisasikan keinginanku untuk lulus. Namun, kini Maret sudah. AKu belum apa-apa, kecuali hanya sedikit sekali membaca. Entah mengapa rasanya banyak sekali interupsi yang bertubi-tubi menghalangiku untuk memulai langkahku. Mulai dari yang lomba lah, sampai dengan hal-hal yang memang kurang penting.

Aduh..tak tahu ni, apa memang begini ya tantangan orang mengerjakan tugas akhir? Akan tetapi aku tak mau mengalah dengan hambatan itu. Terlebih ketika teringat olehku keluargaku, ayah dan ibuku. Semua menjadi sesak di dada. Menyeruak menjadi air mata.

Barangkali kelulusan menjadi sebuah beban. Ah bukan, bukan beban. Aku memang ingin segera meluluskan diri. Lulus adalah hak, bukan kewajiban. Oleh karenanya tak mengapa jika ada yang mengambil keputusan untuk tidak mengambil hak tersebut. Namun, makna kelulusan itu sendiri aku tak dapat mendefinisikannya. Jika lulus sebagai simbol sebuah keparipurnaan penguasaan ilmu di suatu jenjang, jelas aku belum layak untuk mendapatkannya. Aku hanya ingin lulus, sebab aku ingin memperbaiki diri ini.

Belum banyak yang aku berikan, belum banyak pula yang aku dapatkan. Bukan kesalahan siapa-siapa aku menjadi seperti ini, atau aku pernah seperti itu di waktu itu. Semua sudah menjadi sebuah alur bagi kehidupanku. Aku sendiri semakin jelas sekaligus menjadi semakin bingung menentukan aku akan ke mana.

Aku merasa berat, berat untuk memulai langkahku. Sekedar datang ke laboratorium. Menghadap dosen dan berbincang sejenak. Nampaknya memang ringan saja. Akan tetapi, selalu saja aral melintang. Tidak, aku tidak boleh kalah. Juga tak boleh mengalah. Aku pasti bisa mengalahkan ini semua. Memaksa diri untuk mengangkat kaki dan memulai langkahku.

Alloh, mohon keringanan dan petunjuk dari Mu selalu…

One response to “Mengapa Berat Ya? Hiks..

  1. kasihan banget sih.., nasib nasib

Leave a Reply

