Perubahan:Tekad, Tegas & Toleransi


Berubah. Semua kukira ingin berubah menjadi lebih baik. Entah itu dalam hal harta,pangkat,maupun kedudukan sosial. Rasul saw pun tak melarang seorang muslim menjadi kaya. Akan tetapi, perubahan ruhiyah menjadi yang utama dalam hidup ini. Bagaimana memperbaiki keimanan serta ketaqwaan sebagai bekal meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Memperbaiki keimanan, berarti meluruskan aqidah. Perkara yang satu ini menjadi amat penting dalam tarbiyah Islam. Aqidah menempati kedudukan yang pokok dalam bangunan Islam. Oleh karena itulah dakwah Rasul saw mengedepankan dalam masalah aqidah ini. Perkara ini bukanlah hal yang mudah meski intinya hanyalah syahadat Laa ilaha illallah Muhammadurrosulullah.

Dua makna pokok yang terkandung dalam syahadat memiliki konsekuensi yang tidak ringan. Terlalu banyak hal yang perlu dibenahi dari kebiasaan yang ternyata salah. Disini diperlukan keteladanan dalam mengubah kebiasaan. Tekad yang kuat haruslah dimiliki dari dalam diri masing-masing setelah menyadari akan kesalahan yang harus diperbaiki. Dalam mengutarakan benar dan salah haruslah tegas, agar tidak tumbuh menjadi bid’ah. Akan tetapi, toleransi (baca: kelembutan) janganlah dilupakan karena hati hanya bisa disentuh dengan hati.

One response to “Perubahan:Tekad, Tegas & Toleransi

  1. numpang iklan…

    temen2 di lpkta atau fam yang menguasai vb, delphi kalau tertarik ke PT Cakralink Telematics (ini perusahaan yang disponsori PII jogja) diharap mengirimkan cvnya🙂.

    titip yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s