Purnama dan Matahari


Seperti yang sudah pernah aku tulis,

sebuah kalimat indah tentang namaku,

“Noor. Noor adalah cahaya. Cahaya yang menerangi setiap hati manusia”

Cahaya.

Menerangi.

Manusia dan sekitar.

Dan seorang teman lain berkata pula,

“Nama kamu kan noor. Noor itu artinya cahaya. Jadi kamu harus bisa menjadi penerang orang2 sekelilingmu. Apa kamu tidak malu pada yang memberikan nama?”

lalu ia pun menambahkan,

“Kalau kamu jadi rembulan, kamu pilih bulan mati atau purnama?”

aku menjawab,

“Ya jelas purnama lah, tapi purnama kan harus ada kondisi dan situasi yang memungkinkan terjadinya purnama!

Dialog pun berlanjut,

“Kalau gitu apakah kamu harus menunggu sitkon untuk menjadi purnama atau kamu akan mencari sitkon sehingga bisa terus menjadi purnama?”

Aku bungkam. Sulit untuk kujawab. Aku mengelak.

“Tapi bulan hanya memantulkan cahaya matahari dan matahari memancarkan cahaya Alloh. Dan jika ada sesuatu yang menutupi maka cahaya matahari tak kan bisa dipantulkan oleh bulan”

Diam. Tidak berlanjut.

Ohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Masya Alloh!!!!!!!!!

Beratnya tanggung jawab yang kupikul atas namaku ini.

Sungguh sulit untuk terus menjadi purnama.

Purnama membutuhkan matahari.

Matahari yang memancarkan cahaya dari Alloh.

🙂🙂🙂

2 responses to “Purnama dan Matahari

  1. Nama adalah doa,, orang yg memberi nama kepada kita adalah orang yg selalu mendoakan kita..

  2. ‘wulandari’ banyak yang menganalogikanku dengan rembulan. Dulu aku senang-senang saja. Tapi setelah aku tahu bahwa kelak matahari dan rembulan akan dimasukkan ke neraka (dari sebuah hadits shohih tapi lupa riwayat siapa). Aku tidak senang lagi dengan analogi itu

Leave a Reply

