Malam Jumat


Sewaktu masih sekolah adalah malam sabtu yang aku suka, karena sabtu adalah hari yang paling aku tunggu. Seperti diketahui bersama, bahwa hari setelah sabtu adalah ahad alias minggu alias sunday. Dan hari minggu itu LIBUR. Hari santai di rumah, atau pergi bersama keluarga. Kadang, pergi bersama teman-teman.

Kini semua malam menjadi terasa sama. Hanya saja malam jumat masih mengesankan keistimewaan bagi saya. Bagi saya, malam yang spesial bukanlah malam minggu, melainkan malam jumat. Bukan untuk pergi ke mana-mana juga bukan kesan horor yang aku maksud. Entahlah, kalau malam jumat tiba, aku ingin di rumah saja.

Memang sekali sekali pernah juga keluar, karena memang hanya bisa dilakukan saat itu. Jika aku keluar -apalagi kalo cuma buat dolan- di malam jumat,aku merasa gak enak aja. Aku suka menikmati malam spesialku ini dengan aktivitas pendekatan diri pada Allah. Makanya aku usahakan meminimalisasi appointment dan urusan-urusan yang harus dilakukan di malam ini.

Aku memang masih ngambang tentang kebenaran syariat tentang malam jumat. Yang kutahu sunah membaca Al Kahfi di hari jumat (sekali lagi masih ngambang, apakah malam jumat atau hari jumat). Mengingat kemungkinan aku bisa menamatkannya di siang hari sangat kecil, semaksimal mungkin aku manfaatkan malam jumatku. Mengingat salah satu keutamaannya pasti membuat semua tidak ingin meninggalkan sunah ini : dari jumat ke jumat akan diterangi cahaya/dilindungi (eh bener ga sih?)

Menghabiskan malam jumat di rumah dengan mengaji, mentadaburi al Quran, ataupun sekedar melakukan perenungan pribadi terasa sangat menyenangkan dan juga menenangkan.Barangkali selayaknya aktivitas itu dilakukan tiap malam, karena aktivitas-aktivitas dzikrullah  memang hakikatnya membuat manusia tenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s