Perkenankan aku..


Pertanyaan itu selalu muncul, memenuhi benak pikiranku sebnarnya apa arti dan makna pernikahan bagi orang-orang. Dulu aku punya sorang kawan yang ia pernah bertutur, “kalau nikah bukan sunnah nabi aku gak akan memikirkan”. Dan tatkala itu aku yang kerap kali mengomporinya. Alhamdulillah, justru teman tersebut cepat dan mudah dalam proses pernikahan.

Kini, saat waktu sudah berlalu, aku masih berjuang mengumpulkan makna demi makna.. Sudah lebih nampak terang bagiku, bahwa menikah bukanlah perayaan di suatu hari. Ia juga bukan sarana yang dapat menghilangkan permasalahan. Karena mungkin saja memang beberapa permasalahan tersolusikan dengan menikah, tetapi tentu akan datang jua tanggung jawab-tanggung jawab baru yang mungkin lebih besar.

Saya pikir, menikah itu bukanlah ajang balapan, walaupun bagi yang sudah mampu menyegerakannya adalah sunnah Nabi. Tapi bukan berarti yang agak tertinggal sama dengan looser (mudah-mudahan ini bukan apologi). Kalau hanya untuk balapan, nikah aja sehari dengan perjanjian (mut’ah deh jadinya… Na’udzubillah). Bukan berarti juga, siapa yang duluan menikah akan duluan masuk surga kan. Salah-salah dengan bertambahnya tanggung jawab bila tidak amanah maka interogasinya kelak tambah lama.. Allahu Musta’an.

Tuhan, aku belum bisa menangkap rahasiaMu. Namun yang kurasakan, sepertinya dalam tiap-tiap episode hidupku Engkau benar-benar menempa hatiku. Termasuk soal menikah ini. Ampuni aku atas kelalaian-kelalaianku. Terima kasih puji syukur aku panjatkan kepada Mu atas semua karunia Mu. Namun aku berharap, Engkau beri kemudahan bagiku dan Engkau perkenankan aku menyegerakannya.

Menikah..

Yang berarti aku siap menjadi individu dengan fungsi baru

siap menerima tanggung jawab baru

yang berhujung keridloan Mu

hambaMu,

4 April 2011

Leave a Reply

